Toko baju batik modern online yang menyediakan aneka macam dEsain dan model baju batik modern terbaru, termasuk baju batik wanita, batik pria maupun baju batik sarimbit modern murah. Silahkan kunjungi toko online baju batik kami

Selasa, 28 April 2015

Motif Batik Parang Bagong

Batik Parang Bagong merupakan salah tunggal motif batik yang berasal dari Kota Yogyakarta. Motif ini adalah episode dari motif parang yang dibuat oleh para perajin batik di kota Gudeg tersebut. lain dari batik tekstur ini, muncul juga batik dengan motif parang berbeda semacam halnya Parang Rusak, Parag Klitik, maupun Parang Slobog.

Setiap motif batik Parang memilki nilai filosofi yang berbenda. biaya filosofi yang betul-betul keatas dari setiap motifnya menciptakan batik tersebut enggak bisa sembarang dihasilkan dan digunakan sejenis halnya batik lain yang diperjualbelikan secara bebas.

batik parang bagong

Batik ialah salah eka ciptaan seni yang tersiar luas di seluruh indonesia karena agak tiap-tiap kawasan di Indonesia memilki tradisi membatik, ksususnya Kepulauan Jawa sebentuk di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Batik-batik tersebut menjadi karakter khas satu bangsa, khususnya tim Indonesia yang bahkan kali ini dikenal hendak sosok khasnya itu. seluruh bangsa di jagat raya mendekati sepenuhnya mengerti bahwasanya batik berasal dari kultur Indonesia sehingga kite-kite sebentuk orang Indonesia harus tetap melindungi kesenian tradisional tersebut dengan baik supaya jangan bahkan punah maupun jangan sampai dipesan alih oleh kebudayaan dari tim lainnya.

Anda sesungguhnya telah menemukan berbagai perajin batik di beberapa kawasan Jawa dengan motif, warna, maupun pastinya kegunaan yang berbeda-beda. Hal itu diakibatkan oleh adanya budaya yang diturunkan secara turun-temurun oleh generasi tradisional ke generasi hot sehingga satu tempat akan menghasilkan motif yang berlainan dengan tempat perajin batik lainnya.

Motif batik bisa amat menggambarkan apakah kebudayaan kawasan setempat perajin yang membuatnya. sebagai contoh saja, batik khas Cianjur memiliki khas foto atau motif beras yang menunjukkan apa insan yang tinggal di kawasan tersebut dapat bercocok taruh dengan cara bersawah. lain dari itu, beras juga lazimnya adalah lambang dari kemakmuran ataupun kedekatan insan dengan alam.

Hal itu niscaya tidak cuma terbangun dalam satu tipe batik, melainkan semua batik memiliki nilai budaya maupun filosofi tersendiri yang enggak bisa disamakan dengan bentuk atau motif batik lainnya, termasuk Batik Parang Bagong khas Yogyakarta ini.

Ciri Khas Batik Parang Bagong
Ciri khas dari motif parang itu ialah motif yang menciptakan lengkungan dari garis-garis yang saling berhubungan menyerupai gulungan ombak. foto tersebut benar-benar merepresentasikan ombak di samudra yang luas. riak di sini bisa begitu berhubungan kental dengan area air yang melimpahnya membatasi wilayah Yogyakarta.

Air juga merupakan lambang dari penguasa sehingga batik tersebut bisa saja mencerminkan nilai-nilai diri yang harus atau yang dapat kite-kite ingat pada diri sang penguasa.

Bentukan aliran dalam batik itu tidaklah dibuat sama, artinya batik tersebut diproduksi dengan coreng atau lengkungan yang bebas serta gak didesain agar egaliter sehingga tampil bertambah biasa saja ataupun terkesan makin eksotis. gores ini diproduksi dengan miring yang menyuruh arti kekuasaan, kewibawaan, maupun kebesaran.

Warna dari batik itu ialah dominan coklat yang berguna bahwasanya umat erat kaitannya dengan planet atau lingkungan yang berwarna cokelat karena selagi hidup, umat tidak akan bisa bertahan bilamana enggak nimbul tanah.

Sementara itu, bentuk lainnya yang timbul dalam batik ini ialah warna putih yang menandakan lambang kesucian, kemurnian yang dimiliki oleh setiap nyawa yang hot dilahirkan, dan bentuk yang mencerminkan kehalusan.

Sementara itu, model ketiga yang nimbul didalam batik ini adalah warna hitam, diantaranya corak yang muncul sejenis lambang dari ilmu teratas yang ada di pada jagat raya energi. Perpaduan antar motif dengan model yang diproduksi pada Parang Bagong ini mengisyaratkan bahwa masyarakat Yogyakarta mempunyai kekuasaan, kewibawaa, keindahan sebentuk halnya perairan serta daratan yang dipersatukan di didalam bumi.

Masyarakat Yogyakarta juga mempunyai pengetahuan yang bagus serta lumayan luas sehingga bisa tahu tanda-tanda yang hidup di daerah sekitarnya. Tanda-tanda itulah yang ialah suatu ciri bahwasanya insan Yogyakarta mempunyai kedekatan dengan ruangan maupun zona sekitarnya.

Motif Batik Parang Bagong Rating: 4.5 Diposkan Oleh: cece fitri

0 comments:

Posting Komentar